Teknologi Informasi - “Pengertian, Fungsi, Tujuan, serta manfaatnya”.

Seiring meningkatnya teknologi, masih banyak bidang yang harus dikembangkan. Salah satunya ialah teknologi informasi.

Bidang ini cukup erat kaitannya dengan perkembangan teknologi. Tanpa teknologi informasi (TI) perkembangan yang terjadi tidak akan secanggih ini.

Secara umum pengertian teknologi informasi adalah ilmu yang mempelajari perancangan sistem informasi berbasis komputer, yang dimana mendukung pengembangan implementasi atau manajemen. Terutama dalam aplikasi perangkat keras serta perangkat lunak. 

Teknologi informasi Menurut Wikipedia adalah istilah umum untuk teknologi yang membantu orang dalam membuat, menyimpan, mengomunikasikan, dan mendistribusikan informasi. 

Teknologi informasi memiliki fungsi untuk mengolah data dengan berbagai cara agar memperoleh informasi yang berguna atau berkualitas tinggi. Selanjutnya fungsi teknologi informasi adalah untuk memecahkan masalah dan mendorong kreativitas untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas aktivitas manusia.

Teknologi informasi dapat dikatakan sebagai berbagai infrastruktur termasuk perangkat keras dan perangkat lunak, untuk mendukung dan meningkatkan kecepatan dan kualitas informasi kepada masyarakat.

Penjelasan singkat diatas menunjukkan betapa pentingnya teknologi informasi ini bagi umat manusia. Simak penjelasan di bawah ini untuk pembahasan lebih lanjut mengenai manfaat alih teknologi informasi.

teknologi-informasi-pengertian-fungsi-tujuan-serta-manfaatnya

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi informasi secara umum adalah ilmu yang mempelajari sistem informasi komputer khususnya perangkat keras dan perangkat lunak yang mendukung implementasi atau manajemen desain. 

LITTA (Information Technology Association of America) mendefinisikan teknologi informasi sebagai studi tentang sistem informasi komputer, khususnya desain pengembangan dukungan atau pengelolaan program perangkat keras dan perangkat lunak komputer.

Teknologi informasi menggunakan komputer dan perangkat lunak elektronik untuk mengirimkan dan menerima informasi secara aman.

Teknologi informasi tidak hanya sebagai sarana komunikasi elektronik yang penting, tetapi juga untuk mengkoordinasikan dan mengarsipkan dokumen-dokumen terpenting yang harus dimiliki suatu bisnis.

Teknologi informasi digunakan untuk mengelola informasi yang saat ini menjadi bagian penting dari persaingan bisnis, karena semakin kompleksnya tugas manajemen dan kebutuhan untuk cepat merespon dampak ekonomi internasional (globalisasi).

Fungsi Teknologi Informasi

Tentu saja ketersediaan teknologi informasi memiliki fungsi penting. Kehadiran teknologi informasi dapat memberikan dampak yang besar bagi kehidupan.

Teknologi informasi setidaknya memiliki enam fungsi seperti capture, storage, processing, transmission, retrieval, dan generating.

Berikut adalah uraian dari enam fungsi teknologi informasi:

1. Capture 

Capture disini bisa diartikan sebagai sebuah masukan. Misalnya mendapatkan data dari pemindai, keyboard, mikrofon, dll. Fungsi Capture mungkin juga tampak familier saat digunakan untuk menyimpan beberapa informasi.

2. Processing

Fungsi teknologi informasi ini mengumpulkan catatan detail aktivitas seperti menerima input dari mikrofon, pemindai, keyboard, dll. Dengan Processing Anda akan merasa mudah untuk bekerja dengan file dan data.

3. Generating

Fungsi generating yaitu berperan sebagai sarana pengorganisasian informasi ke dalam bentuk yang lebih terstruktur dan dapat dipahami. Contoh umum adalah tabel dan grafik.

4. Storage

Fungsi ini digunakan untuk merekam atau menyimpan data dan informasi pada media yang dapat digunakan untuk keperluan lain. Misalnya disimpan pada harddisk, tape, CD dan sebagainya.

5. Retrieval

Fungsinya ini melacak data yang tersimpan dan informasi yang mengambil atau mereproduksi informasi, seperti mengidentifikasi pemasok yang telah melakukan pembayaran. Fungsi-fungsi ini banyak dimuat untuk memudahkan pekerjaan pengguna, dan menghemat waktu sehingga mungkin sulit untuk menemukan data yang disimpan.

6. Transmission

Teknologi informasi ini berfungsi mengirimkan data dan informasi dari satu tempat ke tempat lain melalui jaringan komputer. Misalnya mengirimkan data penjualan dari agen 1 ke agen yang lainnya. Jadi kita tidak perlu saling menjiplak, tapi saling berbagi.

Baca Juga : 10 Contoh Teknologi Informasi Dan Kegunaannya Yang Harus Anda Ketahui

Tujuan Teknologi Informasi

Teknologi informasi bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam bekerja untuk membuka kreativitas pemecahan masalah. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa alasan dan acuan untuk menciptakan teknologi informasi berdasarkan kebutuhan untuk memecahkan masalah merupakan keterbukaan kreativitas manusia dan efisiensi kerja. Dengan kata lain, teknologi informasi ini tercipta karena diperlukan efisiensi dan efektivitas dalam sistem kerja karena merupakan solusi yang paling inovatif.

Manfaat Teknologi Informasi

Manfaat teknologi informasi sangat penting dalam kegiatan sehari-hari, dan manfaat tersebut dapat dijadikan dasar untuk kehidupan yang lebih baik, Karena hadirnya teknologi informasi yang dapat membantu kegiatan menjadi lebih efektif dan efisien.

Manfaat ini dapat dikategorikan berdasarkan kebutuhannya:

1. Dalam Pendidikan

Ketersediaan teknologi informasi di bidang pendidikan khususnya komputer memungkinkan siswa belajar lebih efektif. Komputer merupakan sumber informasi dan cara untuk meningkatkan kreativitas siswa.

2. Dalam industri dan manufaktur 

Teknologi informasi dapat membantu pekerjaan desain yang dihasilkan di industri, dan mesin produksi dapat dikontrol dengan cermat. Kita juga tahu bahwa industri membutuhkan produksi yang cepat untuk skala besar.

3. Dalam Bisnis dan Perbankan

Teknologi informasi dapat mempermudah transaksi, menjaga keamanan dokumen, dan memajukan sistem perbankan lebih jauh. Aksesnya mudah dikendalikan hanya melalui teknologi.

4. Dalam Militer 

Dengan adanya Teknologi informasi canggih, dapat digunakan untuk mengendalikan pesawat ruang angkasa dengan atau tanpa kemudi, serta dapat menavigasi kapal selam. Itu juga dapat diakses dalam situasi darurat dengan bantuan teknologi militer.

5. Dalam Teknik dan pengetahuan

Teknologi informasi memungkinkan untuk mempelajari struktur tanah, angin, dan cuaca.

Saat ini akses ke ilmu pengetahuan ada di mana-mana, dan mudah diakses melalui internet. Hal yang sama berlaku untuk teknik dan beberapa proyek.

6. Dalam kedokteran

Dapat digunakan untuk mendiagnosis penyakit dan mengambil gambar dari semua bagian tubuh menggunakan komputer. 

Bahkan teknologi seperti Scan, Radiologi dan Usg merupakan bagian integral dari bidang medis saat ini.

7. Dalam Pemerintahan

Teknologi informasi dapat digunakan di pemerintahan untuk mengolah data dan informasi yang ditujukan kepada publik. Hal ini dapat memperarat hubungan antara pemerintah dan rakyat.

Jadi dengan penggunaan teknologi seseorang dapat dengan cepat memahami apa yang terjadi di suatu wilayah tertentu.

8. Dalam Hiburan dan Permainan

Teknologi informasi dapat digunakan untuk menganimasikan iklan grafis dan audiovisual agar lebih baik dan menarik. Saat ini banyak programmer profesional yang menciptakan pekerjaan untuknya pada saat yang bersamaan.

9. Dalam Bidang Kriminal

Teknologi informasi memudahkan polisi dalam mendeteksi dan mengoreksi pelanggaran lalu lintas, dan pelanggaran sidik jari di bidang kriminal.

Kesimpulan

Penjelasan di atas sangat cocok untuk menambah pengetahuan Anda tentang teknologi informasi. Komponen perangkat teknologi informasi meliputi perangkat keras, perangkat lunak, brainware (pengetahuan pada orang/pengguna), data, informasi, dan sains. Semua komponen tersebut menjadi satu kesatuan implementasi teknologi informasi.

Banyak dampak positif dari kehadiran TI, tetapi TI juga memiliki sisi negatif. Dampak negatifnya serupa dengan generasi muda yang semakin ketergantungan dan bergantung dengan hadirnya kemajuan teknologi ini. Maka dari itu kita perlu menyikapi secara cerdas kemajuan teknologi. Hal ini dilakukan untuk menghindari dampak negatifnya.